Hi all,

si komo, biang macet lalulintas

Dari judulnya keliatan kayanya ini artikel yg agak berat, tp aslinya ya ndak biasa aja. Disini saya cm pengen share info cara ngitung nilai software yang anda buat menggunakan basic cocomo (cost constructive model). Dengan menggunakan cocomo, anda tidak hanya tahu brapa harga softwarenya, tp juga bisa tahu brapa lama pembuatannya dan brapa effort unt membuatnya. Sekedar info aja kalo di kuliahan, metode COCOMO diperkenalkan di kuliah Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Saya pengen menjelaskan langsung ke contohnya, tp buat anda yg bergolongan darah B (biasanya pengen tahu dasar teorinya secara detail), baca aja nih penjelasan lengkapnya.

Ini contoh penggunaanya pada software project game portal.

 

Tapi buat anda yang udah paham metode cocomo dan ga pengen ribet2 ngitung by manual, pake aja ini –> sante bukan jebakan betmen koq…:P

Nah, baru2 ini ada yang namanya COCOMO II. Variablenya lebih banyak, ngitungnya lebih detail, buat yang pengen explore lebih dalem silahkan cek aja dimari.